Android Community & Review

ZenWatch, SmartWatch ASUS untuk Lifestyle

ZenWatch, SmartWatch ASUS untuk Lifestyle

Seiring dengan semakin canggihnya zaman, teknologi ponsel layar sentuh besutan Google sekarang sudah mulai merambah ke jam tangan dengan nama “Android Wear”. Teknologi seperti ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu dengan sistem operasi lain, hanya saja, Android Wear ini diyakini dapat lebih memenuhi kebutuhan lifestyle banyak orang dengan segudang fiturnya.

Hal inilah yang membuat ASUS, salah satu raksasa teknologi dari Taiwan untuk mulai memasuki dunia ini dengan mengenalkan “ZenWatch” sebagai jam tangan pintar dalam acara IFA 2014 yang berlangsung di Berlin pada 3 September kemarin.

GizMag Back

Secara spek, ZenWatch memiliki layar AMOLED 1.63 inci beresolusi 320×320 dengan ketajaman piksel 278 per incinya. Andapun tidak harus bingung harus kemana mencari screen protector untuk melindungi Zenwatch ini karena layarnya sudah diperkuat dengan kaca dari Gorilla Glass 3.

ZenWatch memiliki prosesor Snapdragon 400 Quad Core 1,2Ghz, dengan RAM 512MB, dan internal 4GB. Didalam ZenWatch juga terdapat perangkat tambahan seperti Bluetooth 4.0 dan mikrofon. Dan ZenWatch juga sudah dilengkapi dengan sertifikat IP55 untuk ketahanan air untuk Anda yang memiliki rencana untuk mandi ataupun berenang dengan membawa jam tangan ini.

engadgetGizMag

Layarnya, yang disebut ASUS Sebagai Layar “Curved 2.5D”, memiliki permukaan sedikit melengkung dan tetapi responsif ketika digunakan. Tali strap bawaan ZenWatch yang terbuat dari jahitan tangan kulit Itali dan konstruksi baja membuat jam tangan ini lebih terlihat seperti perhiasan daripada sebuah SmartWatch. Kita juga bisa mengganti tampilan awal jamnya ataupun talinya dengan strap lain agar terlihat lebih stylish dan bervariatif.

Dari sisi fitur, ZenWatch dilengkapi dengan fitur “ASUS Wellness” yang bisa memberikan tips kesehatan dan membantu aktifitas olahraga sehari-hari, mulai dari melakukan streching, jogging, fitness, push-up, sit-up sampai aktifitas olahraga lainnya karena ZenWatch dilengkapi dengan perangkat bio sensor yang dapat memonitor jumlah langkah dan detak jantung para penggunanya. Andapun juga bisa mengukur level stress hanya dengan menggunakan jam tangan ini.

Vice President Asus Design Centre yaitu Mitch Yang, mengatakan bahwa “Asus Zenwatch dapat kompatibel dengan semua smartphone yang memakai OS Android 4.3 atau di atasnya, yang dapat menyediakan melihat panggilan yang datang, notifikasi, pesan, dan informasi penting lainnya tanpa perlu mengeluarkan ponsel dari saku.” Yang artinya, ZenWatch bisa disinkronisasikan dengan applikasi “ZenWatch Manager” di SmartPhone Android Anda. Banyak fitur yang bisa didapat dengan mensinkronisasikan keduanya, seperti :

1. “Watch Unlock.”, yang berfungsi untuk membuka ponsel anda dengan sentuhan di ZenWatch.

2.  “Cover to Mute.” untuk me-reject panggilan masuk dengan menutup layar jam selama 1-2 detik.

3. “Remote Camera.” untuk melihat tampilan kamera dari Zenfone di layar ZenWatch, sangat berfungsi untuk mengambil foto dari daerah-daerah yang sukar dilihat dari layar.

4. “Find My Phone” untuk melakukan panggilan ke ponsel ataupun sebaliknya.

5. “Presentation Control.” untuk mengendalikan presentasi Anda dengan usapan dari ZenWatch

6. “Tap Tap.” untuk melakukan kustomisasi lainnya sesuai keinginan kita. Fungsi ini sama seperti membuat sebuah shortcut dengan mengetukkan jari kita di ZenWatch.

7. Bagi user ZenFone, ponsel ini juga bisa memunculkan notifikasi “Whats next.” dan “Do it Later.”. Notifikasi dapat keluar berdasarkan settingan waktu ataupun dengan konfigurasi lain yang sudah disetel di ZenFone, fitur ini menjadi alternatif baru untuk melakukan reminder karena ZenWatch yang berada di tangan Anda dapat memunculkan notifikasi berupa suara atau dalam bentuk lain ketika dipakai. Fitur ini akan sangat berguna, apalagi jika Anda adalah orang yang memiliki segudang aktifitas.

Mari kita lihat langsung fitur ZenWatch melalui video ini :

ASUS dikabarkan akan memasarkan ZenWatch pada Kuartal ke 4 tahun ini dengan kisaran harga sekitar 3 juta atau 260$.

Gambar : Gizmodo dan Engadget



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *