Android Community & Review

Merayakan OS Terbaru Android, Komunitas Android Ranah Minang Menggelar Nougat Release Party

Merayakan OS Terbaru Android, Komunitas Android Ranah Minang Menggelar Nougat Release Party

Setelah tahun lalu sukses dengan acara Marshmallow Release Party, Komunitas Android Ranah Minang (ARM) kembali mengangkat acara Release Party Android. Event Release Party yang keempat ini mengangkat tema Nougat yang merupakan sistem operasi Android terbaru diadakan sabtu (5/11) di Karambia Cafe, Padang.

Acara Release Party Android sendiri merupakan acara tahunan Komunitas Android Ranah Minang. Acara ini selalu diadakan setelah versi android tersebut resmi dirilis oleh Google.

Tujuan utama acara ini adalah memperkenalkan sistem operasi Android terbaru beserta fitur-fitur andalannya. Selain itu dalam acara release party juga diadakan berbagai macam acara dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak mulai dari sponsor, komunitas hingga pemerintah.

Ketua Umum Android Minang, Doni Satria Ihsan mengungkapkan kegiatan release party Android merupakan kegiatan rutin Komunitas Android Minang sebagai bentuk kegiatan kreatif yang dilakukan komunitas.

Lebih lanjut Doni Satria juga menjelaskan bahwa kegiatan berkomunitas penting bagi anak muda di Sumbar sebagai wadah untuk mengembangkan diri dan tempat belajar tentang berbagai hal.

“Kita juga mengajak teman-teman semua untuk aktif berkomunitas, karena berkomunitas itu penting. Tidak hanya untuk mencari dan menambah teman, tapi juga sebagai tempat belajar,” ujar Doni Satria.

Dalam acara Nougat Release Party tahun ini antusias peserta masih tinggi seperti tahun-tahun sebelumnya. Bahkan satu jam sebelum acara dimulai tempat diadakannya sudah dipenuhi oleh peserta dan undangan.

Sesi utama Nougat Release Party yaitu memperkenalkan fitur pada Android Nougat dibawakan oleh Tri Maulana Budi Sucipto. Dalam sesi ini Cipto menjelaskan berbagai keunggulan dan fitur terbaru bisa didapatkan dengan Sistem Operasi Android versi terbaru ini seperti Multi-window, Doze Mode on the Go dan Quick Reply.

Tri Maulana Budi Sucipto Menyampaikan Fitur Terbaru Android Nougat

Multi -window memungkinkan dua atau lebih aplikasi berjalan secara bersamaan. Doze mode on The Go memungkinkan konsumsi baterai yang lebih sedikit pada saat Smartphone tidak sedang digunakan atau disimpan di dalam saku. Sedangkan Quick Reply memungkinkan membalas pesan tanpa membuka aplikasi.

Selain memperkenalkan sistem operasi terbaru Android Nougat dalam acara release party kali ini Komunitas Android Minang juga bekerjasama dengan Generasi Pesona Indonesia (GENPI) Sumbar dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DISPAREKRAF) Sumbar untuk mengajak peserta melakukan voting mendukung Indonesia dalam ajang World Halal Tourism Award 2016.

Di sela acara tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DISPAREKRAF) Sumbar kepada sineas muda Sumatera Barat Ferdinand Almi atas karya-karya filmnya yang mengangkat budaya serta memperkenalkan keindahan Sumbar.

Bapak Aprimas selaku Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Media Desain dan Iptek yang mewakili DISPAREKRAF pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas karya-karya kreatif dari Ferdinand Almi.

“Kami juga turut menghargai dan mengapresiasi karya-karya kreatif anak muda Sumatera Barat yang telah mengangkat dan memperkenalkan Sumbar melalui media film,” kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Media Desain dan Iptek, Aprimas.

Penyerahan Penghargaan Kepada Ferdinand Almi, Sutradara Film “Salisiah Adaik”

Rangkaian acara Nougat Release Party sendiri ditutup dengan voting bersama Indonesia dalam ajang World Halal Tourism Award 2016 dan foto bersama seluruh peserta serta panitia.

Voting bersama peserta Nougat Release Party


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *